Antioksidan Flavonoid Pada Kayu Secang

Language  EN | ID


 flavonoid-as-antioxidant-in-biancaea-sappan

Kayu secang atau yang dikenal sebagai Biancaea Sappan sudah umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia terutama di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satu olahan kayu secang yang paling populer adalah wedang secang yakni air rebusan secang yang dicampur dengan jahe, serai, dan rempah lainnya. Di daerah Imogiri, Yogyakarta kayu secang diolah menjadi wedang uwuh. Namun selain sebagai wedang minuman, kayu secang memiliki manfaat kesehatan yang hebat terutama dalam menangkal radikal bebas.

Kayu secang kaya akan kandungan flavonoid1. Flavonoid adalah senyawa kimia yang bersifat antioksidan. Antioksidan inilah yang berguna dalam melawan radikal bebas. Radikal bebas berasal hasil sampingan dari pengolahan makanan menjadi energi, namun tidak hanya itu saja polusi juga bisa jadi sumber radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang memiliki elektron lepas dan tidak terkendali2. Akibatnya elektron tersebut dapat menempel dan mempengaruhi molekul tubuh yang sehat. Molekul tubuh yang menerima elektron tersebut dapat merangsang dirinya untuk menghancurkan diri sendiri. Antioksidan bekerja dengan cara mendonorkan elektronnya ke molekul radikal bebas sehingga dapat menetralisir senyawa radikal bebas.




biancaea sappan, kayu secang

Produk Kami